Panduan Penulisan

Judul huruf besar font 14. Naskah yang diterima untuk publikasi, diminta file dalam bentuk shoft copy. Sistematika penulisan Sistematika penulisan terdiri dari unsur-unsur :
JUDUL (Maksimal 11 kata, spesifik, jelas, ringkas, informatif, menggambarkan subtansi atau isi tulisan, menggugah rasa untuk membaca dan tidak perlu diawali dengan kata penelitian/analisis/studi, kecuali kata tersebut merupakan pokok bahasan dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris). Nama dan Alamat Penulis (Nama lengkap tanpa gelar, harus nama asli, bukan samaran, nama tidak disingkat, penulis utama berada pada urutan terdepan, alamat instansi/lembaga penulis bekerja, e-mail).
ABSTRAK (Abstrak memuat permasalahan pokok, alasan apa penelitian/ kajian dilakukan, metode yang digunakan, hasil penelitian/kajian, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, ditulis menerus dalam 1 paragraf, maksimum 200 kata). Kata Kunci (Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, sebanyak 3 sampai 5 kata, disusun secara berurutan sesuai abjad).
PENDAHULUAN (Latar Belakang menjelaskan suatu fenomena penting sehingga perlu dilakukan penelitian atau kajian, serta alasan ilmiah atau merepresentasikan teori yang didukung acuan pustaka atau perlu ada review mengenai penelitian atau kajian terkait yang pernah dilakukan dan menjelaskan perbedaan dengan penelitian yang sedang dijalankan. Permasalahan yang ada wajib dikaitkan dengan konsep ilmu pengetahuan, permasalahan yang terjadi diidentifikasikan dengan pertanyaan-pertanyaan penelitian, Tujuan berisi atau menggambarkan tujuan dan manfaat penelitian atau kajian yang akan diperoleh dan terkait dengan apa yang telah dilaporkan/diperoleh sebelumnya, tujuan disampaikan secara spesifik).
METODE (rasional, empiris, dan sistematis dengan sasaran hasil penelitian dan yang mutakhir, cara melakukan penelitian mencakup uraian mengenai metode pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, serta bahan dan peralatan yang digunakan, termasuk alat analisis dan prosedur yang dilakukan dalam penentuan parameter/variabel. Cantumkan rumusan matematisnya untuk memeriksa hasil numerik, jika ada).
HASIL DAN PEMBAHASAN ( berisi hasil analisis dan evaluasi terhadap data, diskusi dan interpretasi hasil analisis dan bahasan untuk memperoleh jawaban, nilai tambah, dan kemanfaatan, terkait dengan permasalahan dan tujuan penelitian atau kajian. Hasil analisis harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian atau kajian).
KESIMPULAN (Kesimpulan merupakan bagian akhir dari tulisan ilmiah yang diperoleh dari hasil analisis dan pembahasan atau hasil uji hipotesis tentang fenomena yang diteliti, bukan tulisan ulang dari pembahasan dan bukan ringkasan, serta harus menjawab pertanyaan dan permasalahan penelitian atau kajian. Saran berisi rekomendasi akademik/tindak lanjut atas kesimpulan yang diperoleh dapat ditambahkan dalam kesimpulan dan tidak berdiri sendiri).
UCAPAN TERIMA KASIH (kepada siapa/organisasi/program yang patut diberi ucapan terima kasih).
TATA CARA PENULISAN TABEL DAN GAMBAR (Judul tabel di atas rata kiri dengan ukuran font 10, isi dan sumber data font 9, tidak menggunakan garis vertikal, bukan hasil dari foto agar dapat diedit. Judul gambar di bawah rata tengah dengan ukuran font 10, isi dan sumber data font 9, warna hitam putih kecuali warna menunjukkan arti, ukuran gambar minimal 3,15 megapixel).

Referensi ditulis menggunakan APA Style dan disarankan untuk menggunakan Reference Manager Application seperti MENDELEY atau ENDNOTE.

Naskah sedapat mungkin dilengkapi dengan gambar / peta / grafik / foto. Pemuatan gambar/peta/grafik/foto selalu dinyatakan sebagai gambar dan file image yang bersangkutan agar dilampirkan secara terpisah dalam format image (*.jpg) minimal resolusi 300 dpi, Corel Draw (*.cdr), atau Autocad (*dwg). Gambar dan tabel diletakkan di bagian akhir naskah masingmasing pada halaman terpisah. Gambar dan tabel dari publikasi sebelumnya dapat dicantumkan bila mendapat persetujuan dari penulisnya.