Implementasi Model Jigsaw Pada Pembelajaran Sistem Kelistrikan Kapal

Implementasi Model Jigsaw Pada Pembelajaran Sistem Kelistrikan Kapal

  • Egbert Edward Djajasasana Politeknik Pelayaran Barombong
Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar sistem kelistrikan kapal semester genap Politeknik Pelayaran Barombong. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan model pembelajaran mahasiswa dalam kelompok kecil beranggotakan 5-6 orang dengan kelompok yang heterogen, bekerjasama secara positif dan setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari suatu masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok lainnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 16 orang kelas 2 B jurusan teknik kapal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil belajar yang diperoleh pada siklus I dapat diketahui bahwa skor rata-rata total 75,62 dan ketuntasan klasikal 75% dan siklus II skor rata-rata 82 dan ketuntasan klasikal 73%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis terhadap suatu masalah dan menemukan konsep langsung dari hasil analisisnya

References

Anggara Nugrah, P. (2017). Pembuatan Modul Teknik Listrik Sub Bahasan Hukum Ohm Dan Hukum Kirchoff Dengan Bantuan Program Livewire Dan Implementasinya Di SMK Panca Bhakti Banjarnegara. Universitas Negeri Semarang.
Ardianti, W. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw (Jigsaw Learning) dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Ketuntasan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.
As’ ad, M. (2018). POLA INTERAKSI ANTARA DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN MAHASISWA PRODI PAI SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.
Aziz, A., & Noor, M. F. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DAN GERAK. SEMINAR NASIONAL, 305.
Budiani, N. L., Yudana, I. M., & Landrawan, I. W. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP A DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 3(2).
Desmariani, E. (2020). PROBLEMATIKA DOSEN DALAM MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN UMUM MAHASISWA BERBASIS STANDAR NASIONAL TINGGI (SN-DIKTI). JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(4), 54.
Fadilah, S. I., Kardi, S., & Supardi, Z. A. I. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri materi sistem ekskresi manusia untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 779–787.
Fidiah, S. (2019). PENGARUH STRATEGI MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 77–87.
Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.
Hambali, D. S., Rizal, A. S., & Nurdin, E. S. (2020). IMPLEMENTASI PRAGMATISME PADA PENDIDIKAN TINGGI VOKASIONAL ABAD XXI. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 5(1), 83–100.
HAYATI, M., Junaid, M., & Walid, A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 BATANGHARI PROVINSI JAMBI. UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Indriyani, C. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stray-Two Stray Pada Siswa Kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).
JANNAH, D. W. I. N. U. R. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTS AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017.
La Fua, J. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Hubungan Manusia dan Lingkungan Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) pada Kelas PAI-C Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 9(1), 72–88.
Mahmud, A. (2011). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe stad dan jigsaw pada pokok bahasan bentuk aljabar ditinjau dari perhatian orang tua siswa kelas Vii Smp Negeri Di Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2010/2011. UNS (Sebelas Maret University).
Mudlofir, H. A. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik. PT. RajaGrafindo Persada.
Musta’adah, R. (2012). PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 REMBANG, PURBALINGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Universitas Negeri Semarang.
Nisrina Zihni, T., & Muhsinin, U. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK IZZATUL ISLAM MUARO JAMBI. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71.
RATRI, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas V Di MI Darussalam Aryojeding Tulungagung.
Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136.
Sulastri, E. (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Guepedia.
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139
Published
2021-05-07
Section
Articles