Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Keterampilan Kepelautan Medical Care Dan Medical First Aid

Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Keterampilan Kepelautan Medical Care Dan Medical First Aid

  • Sukur S. Sit., M.T M.Mar. E Politeknik Pelayaran Barombong
Keywords: Kualitas, Pelayanan penyelenggaraan, Pendidikan dan pelatihan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam penyelenggaraan pelatihan ketrampilan kelautan untuk Medical Care dan Medical First Aid di Politeknik Pelayaran Barombong. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan dan pelatihan Pelayaran  khususnya Medical Care  dan Medical First AID sudah berjalan dengan baik, sehingga dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa indikator tangible, reliability, responsibilty, assurance. dan empati sudah berjalan dengan baik dan harus ditingkatkan agar pelatihan dapat meningkatkan kualitas pelayanan

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Anikul, I. (2019). PENYELENGGARAAN DIKLAT CERTIFICATE OF PROFICIENCY (COP) IMDG CODE OLEH UNIT DIKLAT MARITIM PT. PELINDO MARINE SERVICE SURABAYA. KARYA TULIS.
ARVIANA, M. C. (2019). ANALISIS YURIDIS UNDANG–UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL DI WILAYAH REKLAMASI TELUK JAKARTA. Universitas Ahmad Dahlan.
GUNAWAN, A., & PELAYARAN, P. I. (n.d.). IMPLEMENTASI PENGADAAN BARANG DAN JASA GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN DI ATAS KAPAL DENGAN METODE PEMILIHAN LANGSUNG DI PT. PERTAMINA PERKAPALAN.
Guritno, S. (2017). PENTINGNYA PENERAPAN IMO RESOLUTION A. 918 (22) TENTANG STANDARD MARINE COMMUNICATION PHRASES BAGI DECK OFFICER DI KAPAL. JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM, (1), 1–18.
Hardjono, H., & Dea, H. B. (2019). PENGARUH AUDIT SDM DAN PENILAIAN KINERJA PADA PRODUKTIVITAS KERJA DI CV KARUNIA DHARMA SENTOSA CABANG SITUBONDO. GROWTH, 14(2), 1–16.
Hariani, A. (2018). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN BAGI PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG.
Hartanto, C. F. B. (2016). Studi Perbandingan Kualitas Pelaksanaan Sertifikasi Keterampilan Pelaut pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelaut dengan Pendekatan Total Quality Management In Education.
Hasanah, D. S., Fattah, N., & Prihatin, E. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) kepemimpinan guru dan iklim kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 90–105.
HR, H. S. C. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Penebar Media Pustaka.
Karnama, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) terhadap Pengembangan Karir pada Sekolah Staf dan Pimpinan POLRI di Lembang Bandung. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 1(2).
Kiswantoro, A., & Damiasih, D. (2018). Persepsi Kualitas Layanan Museum Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat (Studi Kasus: Museum Gunung Api Merapi Yogyakarta). Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 12(02), 57–70.
Kurniasari, C., & Ghozali, I. (2013). Analisis pengaruh rasio CAMEL dalam memprediksi financial distress perbankan Indonesia. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Lakuta, A. E. P. (2019). PENGGUNAAAN KONTRASEPSI TRADISIONAL PADA WANITA USIA SUBUR (WUS): PERSPEKTIF WANITA DI KECAMATAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Universitas Alma Ata Yogyakarta.
Larasati, R. (2018). ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAANMODAL KERJA PADA PT WAHYU BITUMEN GRAHA. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.
Madyan, I. S., & Tiarawati, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 98–105.
Melati, S. E. (2020). Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Nasution, I. F. (2017). Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Natal. IAIN Padangsidimpuan.
Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.
Suardi, D. (2002). Perakaran padi dalam hubungannya dengan toleransi tanaman terhadap kekeringan dan hasil. Jurnal Litbang Pertanian, 21(3), 100–108.
Supriyono, H. (2020). Buku Ajar Diklat GMDSS Radio Operator Tingkat GOC (STCW 1978 Amandemen 2010, STCW Code Section A-IV/2). Deepublish.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Published
2021-05-07
Section
Articles