Persepsi Taruna Terhadap Pembelajaran Menggunakan E-Learning

Persepsi Taruna Terhadap Pembelajaran Menggunakan E-Learning

  • Capt. Oktavera Sulistiana M.T., M.Mar Politeknik Pelayaran Barombong
Keywords: Persepsi Taruna, Pembelajaran Jarak Jauh metode, Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi taruna terhadap pembelajaran jarak jauh metode daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penilaian persepsi dilakukan dengan mengacu pada 3 komponen yaitu: komponen memahami pembelajaran On Line, kendala dalam mengikuti pembelajaran On Line, Saran untuk Kualitas pembelajaran Online. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form kepada 92 taruna diploma III yang sedang mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil beberapa komponen pembelajaran jarak jauh yang diberikan kepada responden hampir semua rata-rata mendukung dan menilai positif terhadap pembelajaran jarak jauh metode daring yang dilakukan oleh taruna.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Astuti, V. Y. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan terhadap minat menggunakan mobile banking: studi kasus masyarakat Desa Sukobubuk Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. UIN Walisongo.
Danar, O. R. (2020). Disaster governance: Sebuah pengantar. DIVA Press.
Darmawan, D. (2011). Teknologi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 151.
HUSAIN, U., & EFENDI, M. (2020). PEMENUHAN NAFKAH KELUARGA PEKERJA HARIAN DI DESA PUCANGAN AKIBAT IMBAUAN SOCIAL DISTANCING DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI. IAIN SURAKARTA.
NAPOLION, H. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN. UIN Raden Intan Lampung.
Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59–75.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132.
Nugroho, E. (2018). Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner. Universitas Brawijaya Press.
Nugroho, S., & Putro, A. T. (2021). User Aspiration and Design of Functional Architecture in Seafarer’s Certification Management. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1052(1), 12066. IOP Publishing.
Primadesi, F. (2010). Motivasi Petani dalam Budidaya Tanaman Buah Naga (Hylocereus Sp.) di Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
Simarmata, J., Chaerul, M., Mukti, R. C., Purba, D. W., Tamrin, A. F., Jamaludin, J., … Meganingratna, A. (2020). Teknologi Informasi: Aplikasi dan Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.
Syukri, A., & Hidayat, H. (2018). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TARUNA BHAKTI INDONESIA KATEMAN INDRAGIRI HILIR RIAU. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.
Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., … Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia
Published
2021-05-07
Section
Articles